Cegah Covid-19: Salah Satu Mahasiswa Universitas Trunojoyo Bangkalan Membuat Handsanitazer Secara Alami

NET SYBERMCOM, NET SYBER.COM –  Salah satu dari mahasiswa universitas Trunojoyo Madura, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur, kini mengadakan Sosialisasi tentang pencegahan virus covid-19 dengan cara pembuatan handsanitazer menggunakan bahan alami

Bahan alami yang digunakan, yaitu daun sirih dan jeruk nipis. Program tersebut dalam rangka Abdi Masyarakat, serta di dampingi oleh dosen pembimbing lapang yaitu Siti Fadjryana Fitroh S. Psi., MA. Sosialisasi ini dilakukan mulai tanggal 04 Juli 2020.

Sofi Salah satu mahasiswa Universitas Trunojoyo Bangkalan Menjelaskan bahwa, Hal ini dilakukan supaya warga masyarakat bisa mengetahui bahwasannya handsanitazer bisa dibuat dengan bahan yang sederhana dan mudah di dapat

“Mengingat handsanitazer yang digunakan ini adalah bahan alami, maka jangka ketahanan handsanitazer ini hanya 1 sampai 2 minggu saja,” Kata Sofi, Selasa (14/07/2020).

Dirinya beralasan bahwa, menggunakan daun sirih sebagai handsanitazer salah satunya adalah dari daun sirih yang memiliki antiseptic serta dapat membunuh kuman sehingga cocok digunakan sebagai handsanitazer, campuran jeruk nipis juga memiliki manfaat yaitu dapat mencerahkan kulit.

“Acara sosialisasi ini merupakan program abdimas (abdi masyarakat) ini dilakukan di Desa Mojotengah Kecamatan Menganti Kabupaten Gresik, Jawa Timur dan bekerjasama dengan para warga masyarakat dan pemuda pemudi desa untuk turut serta berpartisipasi dalam melangsungkan acara sosialisasi,” Ujarnya.

Acara sosialisasi ini dilakukan dengan cara mendatangi rumah ke rumah, serta secara outdor di Telaga Mojotengah, karena pada hari minggu begitu rame dikunjungi oleh warga, selain itu terdapat kegiatan lain dari IPNU dan IPPNU yakni ilalang pustaka.

Bapak Sukardi Salah satu warga masyarakat desa Mojotengah mengatakan bahwa kegiatan ini sangat bagus dan bisa membantu warga untuk membuat Handsanitazer secara alami tampa bahan kimia

“kegiatannya bagus, apalagi dijelaskan pula mengenai pembuatan handsanitazer dari daun sirih dan jeruk nipis,” Ungkap Sukardi,” Ungkapnya.

Menurutnya, program ini bisa bermamfaat bagi masyarakat Geresik dan warga Jawa Timur, dan ini harus didukung oleh pemeruntah daerah maupun pusat, (Sofi/Day).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here