Hari Santri Nasional 2019: Wabup Sumenep, Santri Adalah Garda Terdepan Dalam Membela Kemerdekaan

NET SYBER.COM, SUMENEP – Wakil Bupati Sumenep Achmad Fauzi, SH bersama Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Sumenep membuka Grand Launching Hari Santri Nasional (HSN) 2019, yang terselenggara di depan Masjid Jami’ Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa timur. Minggu (06/10/2019).

Wakil Bupati Sumenep menyampaikan, Santri merupakan garda terdepan dalam membela Kemerdekaaan dan sekarang di era 4.0 santri mempunyai peran penting dalam menjaga dan membangun Bangsa.

” Santri merupakan pondasi terdepan mulai dari jaman kolonial dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan, dan peran santri di era globalisasi ini mempunyai peran aktif dalam menjaga dan mempertahankan kemerdekaan,” kata wabup Fauzi.

Kabupaten Sumenep, yang mempunyai pondok pesantren yang sangat banyak sehingga Sumenep boleh dikata sebagai kota santri.

Secara terpisah, Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Sumenep, KH A Pandji Taufiq mengatakan, peringatan Hari Santri itu sebenarnya adalah bentuk pengakuan terhadap jasa-jasa para santri dalam merebut kemerdekaan. Itu dibuktikan dengan dicetuskannya resolusi jihad oleh KH Hasyim Asy’ari.

“Elemen masyarakat sipil yang menyatakan secara tegas bahwa Indonesia itu harga mati hanyalah kaum santri,” ungkapnya.

Bahwa salah satu jasa para santri dalam merebut kemerdekaan adalah melalui pendidikan.
Dalam peran pendidikan tersebut, diyakini ada sebuah kesadaran bahwa kemerdekaan akan lebih mudah direbut jika mayoritas pribumi terpelajar, (Tim/Day/Frd).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here