Memasuki Musim Buah Srikaya,,Petani Meraup Keuntungan Hingga Jutaan Rupiah

NET SYBER.COM-SUMENEP”Memasuki masa panen srikaya di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur membuat para pedagang buah tersebut mulai bermunculan. Mereka berjualan pada malam hari untuk menunggu pembeli,(9/03/2019)

Pedagang Srikaya Pasar depan pasar anom baru untuk berjualan pada malam hari, biasanya ketika mulai masa panen, setelah itu para penjual yang berada di wilayah kota daerah ini kembali ke kampung halamannya masing-masing, sebab tidak ada lagi barang dagangan yang akan ia jajakan.

Pasar dadakan ini memang setiap musim panen srikaya, jadi warga yang sudah memanen buah srikaya menjulnya ke wilayah kota, sebab para pembeli sangat banyak, sehingga buah yang kami jajakan mudah laku,” kata Misnatun warga Buluto, Sabtu (9/03/2019)

Disebutkan, biasanya warga yang tinggal di daerah penghasil buah srikaya ketika pada musim panen berbondong-bondong mendatangi daerah kota untuk berjualan buah tersebut, sebab apabila hanya dijual di wilayah kecamatan para pembeli sangat sedikit, sehingga srikaya yang sudah matang terkadang sampai membusuk akibat minimnya pembeli

Menurutnya, berbagai macam cara mereka lakukan untuk menarik warga yang datang agar membeli buah srikaya tersebut, salah satunya dengan memberi keleluasaan kepada pengunjung mencicipi buah srikaya yang ia jajakan, sehingga setelah pengunjung sudah mengetahui rasanya, kebanyakan akan membeli.

Kami memperbolehkan warga yang datang untuk mencicipi buah srikaya, supaya mereka yakin kalau buah yang kami jajakan ini rasanya memang menggoda selera,”kata misnatun

Sedangkan harga buah srikaya yang mereka jajalkan tidaklah sama, sehingga mereka menyesuaikan dengan besar kecilnya buah tersebut. Sementara untuk srikaya yang besar berkisar harga Rp. 30.000 per 10 buah, untuk srikaya jenis kecil berkisar harga Rp. 10.000 per 10 buah.

Apbila musim srikaya tiba, sepanjang Jalan Trunojoyo, Desa Kolor, Kecamatan Kota Sumenep ini penuh dengan warga yang sedang menjajakan dagangan buah srikaya kepada warga kota,(Whn/Day)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here