Program Bupati Sumenep, Tingkatkan Gemar Makan Ikan Bagi Masyarakat

NET SYBER.COM, SUMENEP – Pemerintah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, melalui Dinas Perikanan menggelar Gebyar Gemar Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) lewat lomba masak yang berbahan baku ikan. Rabu, (3/07/2019) malam.

Selain itu, program gemar ikan, juga bertujuan mendorong ketahanan pangan Indonesia dan mempersiapkan generasi emas pada tahun 2050.

Ketua Forikan, Nurfitriana Busyro menyampaikan, Kabupaten Sumenep merupakan daerah tertinggi dalam menurunkan Stunting (kekurangan gizi kronis) hal itu disebabkan karena masyarakatnya banyak mengkonsumsi ikan.

“Kabupaten Sumenep, merupakan yang tertinggi se Indonesia dalam penurunan Stunting sampai mencapai 18,5%, angka itu dipicu karena masyarakat di sini sangat gemar mengkonsumsi ikan,” tuturnya.

Untuk mendorong itu semua, Pemerintah Daerah melalui gerakan PKK dan organisasi lainnya, akan terus memberikan suport, baik lewat sosialisasi tentang manfaat konsumsi ikan dan beberapa agenda lainnya.

“Di Kabupaten Sumenep, konsumsi ikan melebihi rata-rata konsumsi ikan Jawa Timur, yang mana konsumsi ikan di Sumenep, mencapai 55 kg per tahun per kapita. Sedangkan Jawa Timur hanya 33 kg per tahun per kapita,” ujar Bupati.

Bupati Sumenep, A. Busyro karim mengapresiasi kegiatan gemar makan ikan. Menurutnya, potensi laut Sumenep sangat besar. Sebab, luas laut Kabupaten Sumenep mencapai lebih 50.000 meter persegi. Sehingga potensi dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat diyakini sangat tinggi.

“Kita bersama sama tingkatkan program gemar makan ikan bagi masyarakat Sumenep,” ajaknya.

Menurutnya, selain ikan sangat baik bagi pertumbuhan tubuh anak anak, juga kepada Ibu hamil dan menyusui. Manfaat yang bisa diambil adalah meningkatkan kesejahteraan masyarakat Sumenep.

“Kita terus akan tingkatkan kesejahteraan masyarakat, utamanya di sektor kelautan dan perikanan,” pungkas Bupati, (Tim/Day/Whn/Red).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here