Terima Aduan Masyarakat, Komisi III DPRD Sumenep Lakukan SIDAK Kwalitas Pekerjaan Hotmix

NET SYBER.COM, SUMENEP –  Diduga tidak sesuai RAB, Komsi III DPRD Kabupaten Sumenep lakukan inspeksi mendadak (SIDAK) pekerjaan proyek Hotmix di Prenduan-Brungbung, Kecamatan Pragaan, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, Rabu (8/07/2020).

Salah satu Anggota Komisi III DPRD Sumenep, Dulsiam mengatakan, hasil sidak diduga tidak ada kesesuaian antara RAB dengan fakta dilapangan, seperti plengsengan ditepi jalan yang seharusnya dengan kemiringan tidak sesuai.

“Kami katakan ada indikasi merugikan negara, kenapa kok sengaja dikurangi kemiringan itu, berarti itu sudah sengaja ada keinginan mengurangi material,”

Selanjutnya, dirinya menjelaskan dengan ketebalan Hotmix itu tidak bisa diterima plus Minus 5 cm, justru tidak ada aspalnya sama sekali, dan ada beberapa titik yang kwalitasnya tipis

Sehingga, terkait dugaan korupsinya dari pelaksanaan tangkis atau plengsengan sudah terjadi kerugian negara.

“Karena itu dikerjakan tidak sesuai RAB, walaupun pernyataan dinas dan pelaksana akan diperbaiki atau adindum,” ungkapnya.

Dia menegaskan, akan menindak lanjuti setelah sidak dan akan gelar rapat di internal Komisi III.

“Kami akan gelar diinternal, langkahnya seperti apa akan kita sampaikan,” ucapnya.

Secara terpisah Kadis PU. Bina Marga, Sumenep, Eri Susanto, mengatakan, sidak itu hanya butuh penjelasan tentang pekerjaan proyek hotmix anggaran 2020 di lokasi Prenduan–Brungbung, karena memang ada beberapa lokasi kegiatan belum selesai tahap kontraknya.

“Pekerjaan itu belum diterima oleh PU.Binamarga dan masih sebagian belum di bayar, karena menunggu hasil lab, jika ada kerusakan atau ketidak sesuaian maka kontraktor wajib memperbaiki,” Ucapnya.

Menurutnya pekerjaan itu tidak bisa dikatakan ada kerugian negara karena negara pemkab belum membayar secara penuh, karena prosesnya agak lama dan ada masa pemeliharaan, (Tim/Day).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here